Partisi ialah penyekat yang ada disuatu ruangan tertentu. Fungsinya yakni untuk membagi ruangan tersebut agar bisa multifungsi. Terkadang ketika bangunan telah selesai dibangun, ada beberapa tempat yang belum tersedia. Tentu Anda tidak mungkin merombaknya kembali. Salah satu cara hemat, cepat dan tepat adalah menempatkan partisi supaya satu ruang dapat berperan untuk dua atau tiga kegiatan.

strategi saat harus memilih partisi dengan konsep hunian minimalis.

Strategi memilih partisi rumah minimalis terbaik

1. Letak

Letak partisi harus tepat berada di tengah-tengah ruangan yang ingin Anda pisah. Gunakan bantuan alat meteran agar hasilnya akurat. Memang tidak masalah jika kurang presisi karena partisi mudah dibongkar pasang. Trik aman supaya pertisi tidak mudah bergeser ialah tempatkan objek yang memiliki berat, misalnya pot bunga hias dan sebagainya.

2. Warna

Warna-warna netral dapat Anda terapkan, seperti transparan (kaca), putih, abu-abu perah dan emas. Hal tersebut agar partisi bisa digunakan sebagai penyekat di ruangan manapun sesuai kebutuhan. Apabila Anda yakin hanya untuk satu ruang saja, samakan dengan warna dinding dan perabot.

3. Jenis bahan

Penentuan bahan partisi berhubungan dengan kemampuan finansial Anda dan konsep rumah. Inilah beragam jenis bahan yang bisa Anda pilih guna meningkatkan nilai ruangan.
Strategi Memilih Partisi Rumah Minimalis Terbaik (sumber : boardecoration.com)
Kain merupakan bahan pertama yang direferensikan karena mudah didapat dan dikreasikan. Sebaiknya Anda menggunakan kain yang tipis atau transparan agar terkesan luas. Warna kain bisa disamakan dengan dinding atau dapat juga yang lainnya. Tekstur lembut dan jatuh menghadirkan suasana yang nyaman. Ukurlan lebar dan tinggi medan yang akan dipasang partisi. Buat khusus kain itu menyesuaikan ukuran sekat. Usahakan tidak menyentuh lantai agar kebersihan kain terjaga. Hindari pemakaian bahan mudah menyerap debu karena menyimban baketeri, virus dan kuman.

Kayu

Konsep minimalis cocok dipasang partisi berbahan kayu. Tersedia beragam bentuk dan harga di pasaran, tergantung jenis kayu yang di pakai. Saran spesies unggul yang awet ialah kayu jati. Seragamkan dengan meja kursi di rumah Anda supaya selaras dan serasi.
Perawatan berkala wajib dilakukan untuk menghindari kerusakan partisi kayu. Hindari dari kelembaban tinggi sebab akan memicu perkembangbiakan jamur. Lapisi memakai cairan anti rayap agar tidak mudah lapuk. Teknik memnersihakannya cukup menggunakan kemoceng atau lap kering saja.

Bambu

Partisi bambu sejenis dengan kayu, hanya saja bentuk khasnya lebih menarik. Rangkaian bambu yang tersusun rapi dapat menjadi dijadikan partisi yang unik. Warna alaminya pun tidak butuh dicat ulang, lapisilah memakai cairan pengkilat. Pilih bambu yang tahan terhadap air, pastikan sudah berumur tua.
memanfaatkan kertas marak diterapkan masyarakat negeri sakura. Mayoritas rumah disana desainnya minimalis, ini terkait mahalnya harga jual tanah di Jepang. Meski demikian, hunian mereka tetap nyaman dan indah. Penyekat kertas diaplikasikan secara sederhana tetapi tampilannya elegan.

Kaca

Bahan kaca merupakan partisi semi permanen yang memiliki banyak kelebihan dibanding jenis lainnya. Keunggulan yang Anda dapatkan ialah ruangan tampak lebih luah dan suasana minimalis akan semakin mewah. Bila ruangan yang hendak Anda sekat berguna untuk urusan kerjaan, maka kaca ialah jawabannya.

Kesan formal dan tertutup dihadirkan oleh kaca gelap. Anda bisa juga menggunakan kaca terang untuk keperluan lainnya. Sebut saja penyekat antara ruang keluarga dengan kamar bermain anak. Sembari beraktivitas, Anda dapat memantau kegiatan yang dilakukan anak di dalam sana.

Konsultasi via Whatsapp !